Kisah Terawan Yang Sembuhkan Xanana Gusmao Di Sela Tugasnya Jadi Menkes

Terawan Agus Putranto, mantan Menteri Kesehatan Republik Indonesia ikut ambil bagian dalam memulihkan penyakit yang mana diderita oleh presiden ke-1 Timor Leste Xanana gusmao. Bahkan ketika dirinya menjabat sebagai Menteri Kesehatan dia masih meluangkan waktunya untuk memimpin pemulihan untuk Xanana.

1. Terawan Ikut Andil Sembuhkan Xanana Gusmao

Xanana pasalnya menderita sakit kepala selama lebih dari 10 tahun. Lewat metode canggih yaitu Digital Subtraction Angiography (DSA), Terawan Agus Putranto akhirnya membantu untuk membersihkan penyumbatan pembuluh darah ke otak Xanana. Sebelum dirinya menjabat sebagai Menteri Kesehatan memang namanya sudah mencuat ke publik dikarenakan kasus cuci otak yang mana menyembuhkan pasien stroke. Metode yang digunakan yaitu sebenarnya bernama DSA, Metode penyembuhan yang dilakukan oleh karyawan untuk membantu Xanana.

Metode tersebut, menurut pengalamannya bisa membuat pasien sembuh dari stroke hanya dengan 4 sampai 5 jam setelah operasi. Tadius Prio Utomo,Bercerita tentang bagaimana pengalamannya ketika menemani Xanana tepatnya di RSPAD Gatot Subroto Jakarta. Dirinya mengubah cerita tersebut di akun Facebook miliknya pada tanggal 28 November 2020 dengan judul “Persahabatan Dokter Terawan dan Xanana Gusmao.” Dilansir dari CNN Indonesia, Prio sendiri membenarkan cerita tersebut.

Prio,  pada hari Kamis tanggal 19 November, mengantar Xanana menuju ke RSPAD Untuk melakukan check up. Setelah tiba di sana kemudian pemeriksaan pada Xanana dilakukan mulai dari paru-paru nya, jantung, MRI, dan yang lainnya. Kemudian jadwal pengobatan menggunakan metode DSA langsung Segera dibuat dan Xanana dijadwalkan bakal menjalani metode tersebut 1 hari berikutnya ia bakal dilakukan langsung oleh Menkes terawan. 

2. Terawan Langsung Tangani Xanana

Akan tetapi jadwal yang telah dibuat untuk tanggal 20 November tersebut terpaksa harus diundur dikarenakan di hari yang sama daerah rawan masih menjalankan tugasnya sebagai Menkes. Akhirnya tindakan DSA harus  dijadwal ulang setelah tanggal 20. Akan tetapi tiba-tiba pada hari Kamis tersebut, terawan datang untuk menjenguk Xanana. Dan tanpa diduga-duga dirinya langsung meminta tim DSA untuk melakukan tindakan pada saat itu juga. “Wes ojo ditunda-tunda, mumpung aku ada waktu,” ungkapnya seperti yang ditulis oleh Prio.

Menurut Prio, Tak Butuh waktu lama akhirnya tindakan DSA  langsung dilakukan. Terawan sendiri yang memimpin penyembuhan penyakit Xanana. Proses tersebut pasalnya cuma memakan waktu 20 menit aja dan begitu urusannya selesai sarapan langsung pamit untuk kembali menjalankan tugasnya sebagai Menkes RI. “ tadi itu tugas kemanusiaan dan persahabatan, mohon izin Yang Mulia (Xanana) saya sekarang harus menjalankan tugas negara,” ungkap perawan ketika  berpamitan saat itu.

Prio  juga menyebutkan bahwa tindakan Terawan pada Xanana itu adalah penghormatan dan juga pada persahabatan dua tokoh negara yang berbeda. “ dokter terawan Menteri Kesehatan Indonesia turun langsung memimpin DSA untuk Pak Xanana Gusmao mantan Perdana Menteri Timor Leste yang saat ini sudah menjadi rakyat biasa yang tetap berkarisma,” ungkap Prio lagi.  Mantan aktivis 98 tersebut juga mengatakan bahwa terawan selama ini pasalnya dikenal sebagai dokter yang kontroversial mulai dari metode DSA-nya yang jadi perdebatan di dunia medis sampai dengan dianggap sebagai menteri yang mana meremehkan pada Mi virus Corona dan juga dianggap gagal dalam menangani penyebarannya. “namun jika mengenal dokter secara pribadi, dokter terawan tak sedang meremehkan sesuatu tapi beliau adalah orang yang berupaya membangun optimisme s7slot.com dengan bahasa-bahasa yang “menggampangkan” sesuatu yang sulit atau menakutkan,” tambahnya.