Dua Muslimah Berhasil Menang di Pemilihan Kongres AS

Dua Muslimah Berhasil Menang di Pemilihan Kongres AS

Ada 2 orang Muslimah yang akhirnya lolos menjadi anggota Kongres setelah memenangkan dirinya di pemilihan sela 2018 AS pada hari Selasa (6/11). Kedua perempuan muslimah yang berhasil mencetak sejarah itu adalah Ilhan Omar yang mana manatan pengungsi Somalia dan juga Rashida Tlaib, imigran yang berasal dari Palestina.

Menang Pemilihan Kongres AS

Omar, wanita 37 tahun itu berhasil memenangkan kursi Dewan Perwakilan di mana ia mewakili distrik Minneapolis dan juga Minnesota. Pasalnya ia menggantikan Keith Ellison yang jadi muslim pertama yang terpilih jadi anggota Kongres. “Saya seorang muslim dan kulit hitam,” kata Omar dilansir dari CNN Indonesia dari wawancaranya Judi Poker dengan salah satu majalah. “Saya memutuskan untuk mencalonkan diri karena banyak orang yang saya tahu sungguh-sungguh ingin menunjukkan bagaimana perwakilan demokrasi seharusnya berjalan,” ungkapnya lagi.

Omar pasalnya lari ke Negeri Paman Sam ketika dirinya berusia 8 tahun bersama dengan kedua orang tuanya karena perang sipil yang mana melanda Somalia ketika itu. sebelum dirinya tiba di AS, Omar serta keluarganya sempat menghabiskan waktu selama 4 tahun tinggal di sebuah kamp pengungsian di Kenya.

Tak berhenti di situ saja, perjuangannya berlanjut dengan hijrah ke Amerika Serikat dan akhirnya menetap di Minnesota di tahun 1997. Wilayah tersebut memiliki populasi warga Somalia yang mana cukup besar.

Dilansir dari CNN Indonesia juga, ia berhasil memenangkan kursi legislative negara bagian di tahun 2016 lalu. sebelumnya, ia sempat bekerja juga sebagai pengurus komunitas di Minneapolis dan akhirnya bisa menjadi ketua organisasi pemerhati hak warga sipil Amerika-Afrika (NAACP).

Lalu Omar akhirnya memutuskan untuk mencalonkan diri dalam pemilihan Kongres sesudah Ellison memutuskan untuk menyerahkan kursinya setelah 12 tahun dijabatnya. Karena ia mencalonkan dirinya sebagai jaksa agung di negara bagian Minnesota.

Muslimah Palestina Menang Kongres Juga

Sedangkan untuk Tlaib, kemenangannya dianggap tak mengejutkan karena perempuan berusia 42 tahun itu bertarung dalam pemilihan Dewan Perwakilan di mana untuk wilayah Detroit sampai dengan Dearborn, Michigan, tanpa adanya lawan.

Lahir dari rahim seorang imigran dari Palestina, Rashida Tlaib yang merupakan kader partai Demokrat ini menang telak di pemilu parlemen pada distrik 13 Michigan dan dipastikan langsung mendapat satu kursi di Dewan Perwakilan.

Sepekan sebelum dihelatnya pemilu, Tlaib pasalnya pernah berkata bahwa ia sangat siap menjadi salah satu bagian dari perubahan AS di mana ada seorang wanita Muslim yang dapat masuk ke Kongres. “Hal pertama yang saya pikirkan saat orang berkata saya akan jadi ‘Muslim Pertama’ adalah merayakan momen ini,” tuturnya.

Tlaib yang melanjutkan pernyataannya, “Kita mengubah sejarah tepat di waktu ketika kita anggap hal itu mustahil terjadi. Dan apabila kalian percaya, maka percayalah akan kemungkinan dari seseorang seperti saya.”

Selama dirinya menjalani masa kampanye, ia menggaungkan 3 usulan andalannya. Usulan-usulan tersebut adalah perawatan medis untuk semua orang, reformasi regulasi imigran dan upah minimum US $15.

Pemilu Sela ini pasalnya mendapatkan sorotan luas karena dianggap bisa menentukan nasib kebijakan pemerintah di era Presiden Donald Trump berikutnya. Dalam pemilu kali ini, partai di mana Trump bernaung, yaitu Partai Republik, dibayang-bayangi kekalahan dari Partai Demokrat sehingga tidak bisa menempati kursi mayoritas pada parlemen.

Berdasarkan quick count (hitung cepat) yang dilansir dari CNN, perebutan kursi antara Partai Demokrat dan Partai Republik sekarang ini masih sangat ketat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *